Senin, 17 Maret 2008

Perkembangan Internet


Alooo.. IPTEK, IPTEK, apa yah yang mau dibicarain???... Ehm,, gimana klo tentang "PERKEMBANGAN INTERNET", pasti lebih seru! Apalagi kita sekarang sering sekali bergelut dengan dunia "ke-Internetan". Sekarang ini banyak banget hal yang berhubungan dengan Internet. tugas, dan hampir semua bahannya kita cari di Internet. Caranya yang sangat mudah, dapat membuat anak kecilpun dapat melakukannya.
Pada awalnya Iternet merupakan suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh sebuah Departemen Pertaanan Amerika di awal tahun 1960-an, melalui proyek APRA (Advanced Research Project Agency) atau disebut ARPANET. mereka mendemonstrasikanbagaimana dengan Hardware dan Software komputer yang berbasis UNIX, dapat melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak berhingga melalui jaringan telepon. Setelah lama dipakai akhirnya semua standart yang dipakai untuk pengembangan protokol baru yang sekarang dikenal dengan TCP (bukan TPC loh..).
Pada perkembangannya, ARPANET baru dikenalkan kepada publik pada tahun 1972, yang pada awal terbentuknya ARPANET hanya beberapa komputer saja, namun pada tahun 1993 jumlah komputer yang bergabung dalam ARPANET menjadi 1,5 juta komputer diseluruh dunia. Namun pada awal 1980-an, seluruh jaringan yang tercakup dalam proyek ARPANET diubah kebentuk TCP (Transmission Control Protocol) karena proyeknya sendiri telah dihentikan, dan jaringan ARPANET sendiri telah menjadi koneksi utama dari Internet.
Setelah mengalami kemajuan pesat akirnya proyek ARPANET diambil alih oleh NSF (National Science Foundation), kemudian NSF meruubah nama jaringan ARPANET menjadi NSFNET yang koneksinya mempunyai kecepatan tinggi.
Gimana, awal terjadinya Internet tuw sebenarnya bukan digunakan untuk saling bertukar informasi atau saling berbisnis, tapi pada awalnya Internet hanya digunakan untuk berkomunikasi diantara pasukan di Departemen Pertahanan Amerika. Nah, sudah terungakap bukan perkembangan Internet...
Bye..
Nb:Gambar dikutip dari unilanet.unila.ac.id/images/themes/theme_mambosimple/internet.gif

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ternyata gitu toh..
Q kira dulu tuw langsung dibuat kayak sekarang ini..

Anonim mengatakan...

wah berarti jaman dulu tuw dah canggih yah..